Rancangan Tindakan untuk Aksi
Nyata
Judul Modul : Coaching Supervisi Akademik
Nama Peserta : Evy Nur Laila
Latar Belakang
Guru
selalu memberikan yang terbaik bagi muridnya dalam pembelajaran di kelas.
Segala hal diupayakan untuk memberikan pembelajaran yang sesuai dengan
kebutuhan murid. Namun dalam perjalanannya, seorang guru tentu membutuhkan
sharing, umpan balik dan sudut pandang pihak lain tentang
pengembangan-pengembangan yang telah dilakukannya. Kontinuitas gerak yang
dimiliki guru juga dapat menjadikan guru berada pada posisi stagnan dengan pola
dan cara pembelajaran yang diberikannya di kelas.
Hal-hal
yang memungkinkan guru untuk tidak bergerak dalam pengembangan pembelajaran
sudah seharusnya diantisipasi. Kinerja guru tentu juga mempengaruhi progres
sekolah. Apabila kinerja guru baik dan terus dinamis maka tercipta lingkungan
sekolah yang baik pula, begitu juga sebaliknya. Sehingga supervisi akademik
menjadi perlu untuk dilaksanakan oleh Kepala Sekolah terhadap guru-guru yang
berada di sekolah tersebut. Karena bagaimanapun, perkembangan dan cara yang
baik tanpa refleksi dan evaluasi masihlah memiliki celah untuk
ketidaksempurnaan dan tidak menjamin tanpa kekeliruan atau kesalahan. Supervisi
Akademik membantu meminimalisir ketidaksempurnaan dan trus meningkatkan
pengembangan dan perbaikan.
Tujuan
Guru
dapat melakukan perbaikan dan menguatkan pengembangan yang telah dilakukannya
dalam pembelajaran di kelas. Guru dapat mengembangkan kekuatan dari dalam
dirinya untuk menemukan solusi yang terhadap rancangan tindak lanjut yang ia
harapkan. Guru memiliki kesadaran dan komitmen dalam menjalankan rancangan
tindak lanjut yang telah disepakati bersama untuk pembelajaran yang lebih baik
dan berpihak pada murid.
Tolok Ukur
Indikator
yang dapat dilihat yakni dari hasil pengembangan rancagan tindak lanjut yang
dilakukan oleh guru. Perubahan di kelas yang lebih aktif dan dinamis. Guru
lebih bersemangat dalam melakukan proses pembelajaran yang berpihak pada murid.
Linimasa Tindakan yang Akan
Dilakukan
Ø Tanggal
15 Oktober 2022– 17 Oktober 2022 (mengkomunikasikan dengan Kepala Sekolah dan guru
pengajar)
Ø Tanggal
18 Oktober 2022- 19 Oktober 2022 (melakukan pra-observasi dengan guru kelas)
Ø Tanggal
20 Oktober 2022- 22 Oktober 2022 (membuat catatan lembar observasi dan melakukan
observasi pembelajaran)
Ø Tanggal
23 Oktober 2022- 24 Oktober 2022 (melakukan percakapan pasca observasi dengan
pemberian umpan balik)
Ø Tanggal
25 Oktober 2022 (berdiskusi dan menyepakati rencana pengembangan diri dan
refleksi diri praktik coaching)
Dukungan yang Dibutuhkan
·
Dukungan berupa sarana seperti tempat
pra-observasi dan pasca observasi, printer, kertas dan bolpoin.
·
Dukungan berupa bantuan dari Kepala
Sekolah untuk ikut memantau dalam pelaksanaan supervise akademik.
Dukungan
berupa sarana dapat diperoleh dari sumber daya perlengkapan sekolah melalui
izin dari Kepala Sekolah dan bagian Sarana Prasarana.
0 komentar:
Posting Komentar